Sabtu, 04 November 2017

Seniman Pasca-terampil PSBK Goes to Jakarta di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta


"SAMPAI HARI INI"



Jumat, 10 November 2017
Pukul 19.00 WIB
Galeri Indonesia Kaya
West Mall Grand Indonesia, Level 8 - Jakarta


Pada tahun 2017, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, menyelenggarakan Program Seniman Pasca Terampil, sebuah program beasiswa yang diperuntukan bagi para seniman muda Indonesia yang memiliki keinginan untuk mengembangkan potensi seni mereka di ruang belajar dan ruang berkarya PSBK. Program ini berlangsung selama 10 bulan, mulai dari bulan Februari hingga November 2017.

Enam orang seniman muda terpilih dari berbagai wilayah Indonesia dan sebentar lagi akan menyelesaikan program residensi di PSBK.  Seniman tersebut Ahmad Abdushomad, Andrik Musfalri, Endang Setyaningsih, Galuh Tulus Utama, Hangga Uka Hattameazza Nasqhimenta A.P., dan Rafika Dian Anggraini. Seniman-seniman tersebut berasal dari berbagai disiplin seni yaitu seni rupa, seni teater, dan seni tari. Selama hampir 10 bulan, seniman tersebut telah mendapatkan akses pada tantangan berkolaborasi dan berkarya antar disiplin seni,  serta meningkatkan kapasitas komunikasi, pelatihan penulisan, pelatihan seni pengelolaan dan seminar seni.

Program Seniman Pasca Terampil dirancang untuk mengembangkan berbagai keterampilan diri sebagai seniman secara mandiri dan lebih mendalam. Pembangunan kesadaran terhadap potensi mereka dengan menggabungkan pembelajaran keterampilan seni hidup, kegiatan praktikum penciptaan, presentasi seni dan pengalaman nyata di lapangan seni PSBK. Penguatan nilai kolaborasi dan penajaman nilai kreativitas seni melalui ruang belajar dan ruang berkarya PSBK (di ruang pertunjukan Jagongan Wagen dan dan ruang pameran Ruang Seni Rupa PSBK) yang menekankan pada keterbukaan, kerjasama dengan seniman dari berbagai disiplin seni, serta bersedia membuka diri untuk menerima ciri dan cara kuratorial seni PSBK.

Pertunjukan ini merupakan wujud apresiasi kepada Djarum Foundation yang mendukung seniman-seniman dalam Program Seniman Pasca Terampil di PSBK tahun 2017. Acara ini menjadi peluang bagi seniman Program Seniman Pasca Terampil PSBK untuk membagikan wujud kreativitas berkolaborasi, menunjukkan contoh hasil belajar dan berkarya selama di PSBK, serta memberi kesempatan bagi masyarakat Jakarta melalui Galeri Indonesia Kaya untuk memahami lebih lanjut tentang tujuan dan kekuatan program-program PSBK dan Bakti Budaya Djarum Foundation. Dengan ini, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) mempersembahkan:

Seniman Pasca-terampil PSBK Goes to Jakarta
"SAMPAI HARI INI"
Sampai Hari Ini, mengambil inspirasi dari bagian pertama Kitab Omong Kosong (Persembahan Kuda), karya Seno Gumira Ajidarma, yang ingin menghadirkan spirit kritis untuk menguji kembali nilai dan berbagai pemahaman tentang kepercayaan, kebenaran, empati, dan cara manusia memaknainya. Dengan mengulik cerita perjalanan hidup Rama dan Shinta, yang justru tidak menemukan kebahagiaan setelah mengalahkan Rahwana karena membangun hubungan dengan pondasi kepercayaan yang rapuh, enam seniman mengolahnya sebagai medium refleksi atas praktik keseharian kita dalam memaknai kepercayaan, cara melihat diri sendiri dan orang lain, serta cara meletakkannya dalam konteks kehidupan saat ini.

Seniman yang akan mempersembahkan karya dalam acara ini adalah:
Ahmad Abdushomad  (Seniman Teater)
Andrik Musfalri (Seniman Rupa)
Endang Setyaningsih (Seniman Tari)
Galuh Tulus Utama (Seniman Teater)
Hangga Uka H N A P  (Seniman Tari)
Rafika Dian Anggraini (Seniman Rupa)


Acara ini terselenggara dengan dukungan Bakti Budaya Djarum Foundation

**************************************

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK)
Melanjutkan spirit Bagong Kussudiardja, PSBK mewujudkan diri sebagai art centre dengan misi mendukung pengembangan kreatif seniman dan masyarakat umum untuk terus terhubung pada nilai-nilai seni dan budaya, keberlanjutannya, dan penciptaan nilai-nilai budaya melalui seni. PSBK hadir sebagai laboratorium kreatif, tempat berkumpul, ruang presentasi karya seniman dari berbagai disiplin. PSBK menghadirkan karya seniman-seniman muda, memfasilitasi riset-riset artistik dan pengembangan profesional, dan merancang program-program untuk meningkatkan community engagement dan pengembangan jaringan melalui kesenian.







Padepokan Seni Bagong Kussudiardja
Ds. Kembaran Rt.04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY
Tel./Fax.: +62(0)274/ 414-404
Whatsapp : +62 82141416252
Email: info@psbk.or.id   Web: www.psbk.or.id
FB: padepokansenibagongkussudiardja /Twitter: @PSBK_Jogja
Youtube: media psbk / Instagram : @psbk_jogja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Angkat Kekayaan Kain Nusantara, Jogja City Mall Hadirkan "Jogja Fhasion Rendezvous 2020: Niwasana Khatulistiwa"

   Jogja City Mall kembali mengadakan pagelaran fesyen bagi para pecinta fesyen di Yogyakarta yaitu Jogja Fhasion Rendezvous 2020. Jogja Fha...